Review Nasional Bootcamp 18 Solo : Apa Saja Isinya? Siapa Yang Seharusnya Datang?

Review Nasional Bootcamp 18 Solo : Apa Saja Isinya? Siapa Yang Seharusnya Datang?

Belakangan, kita melihat perkembangan dunia digital Indonesia yang semakin menggiurkan. Dari yang sekedar bermain social media seperti Facebook untuk mencari teman, kini tak sedikit pengusaha pengusaha digital yang lahir dalam beberapa tahun terakhir. Tanggal 15-19 April 2015 kemarin, Marketbiz mengadakan sebuah acara bertajuk Nasional Bootcamp 18 (NBC 18) di Hotel Lor In, Solo. Salah satu wadah yang melahirkan pengusaha pengusaha digital dari berbagai range usia.

Acara NBC 18 efektif dimulai tanggal 16 April dan berakhir pada 18 April, atau berlangsung selama 3 hari. Acara ini memang tidak gratis, karena biaya yang dikenakan oleh panitia sebesar 3-4 juta rupiah untuk setiap peserta baru. Sementara bagi alumni, tidak dikenakan biaya kecuali biaya penginapan dan makan.

Sharing ilmu kok bayar?

Ada yang berfikiran seperti ini? Sepertinya kita harus belajar mengubah mindset untuk yang satu ini. Karena tidak semua hal bisa kita dapatkan dengan cara gratis dan download di torrent yes. Acara berbayar, tentu saja untuk biaya penginapan di hotel yang sangat nyaman, memiliki kapasitas memadai, dan lokasi yang strategis. Belum lagi makan, dan lain-lain.

Dari segi nominal, biaya pendaftaran memang bisa dibilang cukup mahal. Tetapi kalau sudah mengikuti acaranya, yakinlah 3-4 juta itu akan terasa sangat worthed dengan apa yang didapat.

Apa saja yang dibahas di Nasional Bootcamp?

Nasional Bootcamp memang lebih dikenal dengan pelatihan SEO nya. Beberapa kawan juga mengira kalau ini hanyalah pelatihan SEO seperti yang lain. Tidak sekedar kata-kata SEO, banyak insight yang kita dapatkan dari Nasional Bootcamp, bukan sekedar SEO untuk mendapatkan peringkat terbaik di pencarian mesin pencari. Tetapi, bagaimana membangun bisnis dan menghasilkan konversi terbaik. SEO bukan lagi menjadi tujuan tetapi hanya salah satu cara mencapai tujuan yang lebih besar.

Om Duto Sri Cahyono

Om Duto Sri Cahyono

Materi yang dibahas pada Nasional Bootcamp 18 Solo kemarin juga sangat beragam dan sayang sekali untuk dilewatkan.

Hari Ke-1

  • ZMOT Conversion Strategy – Ahmad Zakyi
  • Pembicara Tamu – BNI
  • Strategi Marketing Export – Maskur Aulia
  • SEO Content Powerfull – Duto Sri Cahyono

Di hari pertama, ada materi tentang Zero Moment of Truth yang sayangnya tidak kami ikuti karena terlambat. Selanjutnya, ada Mas Maskur Aulia yang bercerita banyak mengenai perjalanannya membangun bisnis export dari jatuh bangun pemasaran melalui online. Materi yang cukup berat ini sukses membuat kepala nyut-nyutan. Apalagi membayangkan puluhan kontainer furniture yang diekspor setiap bulan.

Jelang maghrib dan dilanjutkan setelah Isoma, ada Om Duto Sri Cahyono yang populer dengan blognya OmKicau.com serta Simomot.com. Om Duto sharing mengenai strategi SEO content yang powerfull untuk blog. Dan cukup mengejutkan, Om Duto bahkan secara live memberitahukan beberapa keyword abadi yang dapat memberi traffik puluhan ribu visitor dari satu keyword saja.

Beberapa insight yang diberikan Om Duto dalam materinya.

  • Jangan menipu visitor dengan judul bombastis sedangkan isi biasa saja.
  • Buatlah artikel yang disukai manusia, karena pasti akan disukai robot.
  • Tidak perlu melakukan trik-trik kotor untuk meningkatkan pageview. Lakukan splitting content jika memang benar-benar dibutuhkan.
  • Kombinasikan SEO dengan social media untuk membantu mendongkrak traffik.

Yang tidak kalah penting, adalah manajemen tim karena pengisian konten sebagian besar diserahkan kepada penulis dan editor.

Hari Ke-2

Tuhu Nugraha (Strategi Branding)

Tuhu Nugraha (Strategi Branding)

  • Ide Strategi Membangun Brand Lokal – Tugu Nugraha
  • Google Plus – Juliyanto
  • Meta Search Marketing – Riyeke Ustadiyanto
Muka Serius Om Keke (Riyeke Ustadiyanto)

Muka Serius Om Keke (Riyeke Ustadiyanto)

Mas Tuhu Nugraha memulai hari kedua dengan penjelasan menarik mengenai pengaruh sebuah branding. Sebagai seorang Digital strategy expert di Jakarta, mas Tuhu melihat banyak yang melupakan branding ketika memulai bisnis. Padahal, persoalan konsumen bukan sekedar mendapat harga yang murah. Kalau sudah berbicara branding, harga bukan menjadi prioritas utama. Brand yang kita miliki hendaknya memenuhi kebutuhan dari para target konsumen. Contoh dengan menggunakan brand kita, konsumen akan merasa lebih keren, prestisius, dan sebagainya.

Mas Tuhu juga mencontohkan Hijup, yang berhasil memasukan unsur ‘busana muslimah modern’ dalam brand yang diangkatnya.

Hari Ke-3

  • Facebook Marketing No Budget – Agan Khalid
  • Strategi Kreatif di Twitter – Ibrahim Fatih

Nah, di hari ketiga ini kedua tema mengenai sosial media yaitu Facebook dan Twitter. Tetapi, sebelum memberikan materi Agan Khalid sudah mewanti-wanti kalau apa yang akan disampaikan tidak sesuai dengan judul “Facebook Marketing No Budget”. Karena pada prakteknya, dibutuhkan budget untuk melakukan pemasaran melalui Facebook. Selama itu efektif dan menguntungkan, kenapa tidak?

Menggunakan Facebook Ads, dengan targeting yang tepat bisa memberikan hasil yang memuaskan. Agan Khalid juga sharing tentang bagaimana menguji iklan yang efektif. Bukan hanya memperoleh nilai iklan yang paling rendah, tetapi nilai iklan tersebut sebanding dengan apa yang didapatkan. Bagi yang belum pernah menggunakan FB Ads, kini jadi tau bahwa kita bisa menargetkan iklan kita akan tampil dimana dan kepada siapa sesuai dengan produk yang kita tawarkan.

Sementara mas Ibrahim Fatih, lebih banyak sharing dengan cara praktek menggunakan tools buatannya dalam memaksimalkan potensi Twitter untuk menjaring traffik.

Sebagian Peserta Nasional Bootcamp Solo

Sebagian Peserta Nasional Bootcamp Solo

Siapa yang seharusnya ikut Nasional bootcamp?

Sejujurnya, acara ini layak dihadiri siapa saja. Bahkan seperti Ibu Sulastri yang belum memiliki basic di dunia bisnis digital pun. Acara ini banyak dihadiri oleh orang-orang kreatif di dunia digital, pengusaha-pengusaha muda yang enerjik dan penuh gairah bisnis. Meskipun anda seorang expert yang sudah cukup mapan di dunia online, menghadiri acara seperti ini selalu memberikan wacana dan ilmu baru untuk perkembangan bisnis.

Yang tidak boleh dilewatkan, adalah saat-saat makan dan coffee break. Biasanya, disitu terjalin komunikasi dan networking antar peserta. Menambah jaringan yang tentu akan bermanfaat. Tak jarang, rahasia-rahasia para ‘suhu’ bisa terbongkar dalam obrolan ringan sambil menyeruput kopi. Acara ini owsom deh.

Dan tentunya, acara ini juga makin meriah berkat kehadiran tamu tak diundang, mas MC yang dipanggil tom cat
(Tomket pake M). Ternyata doi bisa nyanyi juga loh.

Mas Tomket lagi nyanyih

Mas Tomket lagi nyanyih

Dan bonusnya, ada mbak Fierda yang menjadi idola kaum muda, setengah baya, dan menjelang tua alias semua golongan. Sebetulnya ada juga yang lain, yaitu Ibu Sulastri, sayang sekali pas foto Bu Sulastri justru saling foto-fotoan jadi nda kelihatan. #Duhh

Fierda

Fierda

NBC18, Wakwaw Jossssssssssss!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *