Google Adwords & Analytics Training MALIOME

Google Adwords & Analytics Training MALIOME

Tanggal 25-26 Februari 2015, Maliome mengadakan training Google Adwords dan Analytics yang dilangsungkan di Ambarukmo Hotel, Yogyakarta. Terima kasih untuk founder kami @PriaMalas yang telah mengundang Brilliant Digital yang mengajari kita banyak hal tentang Adwords dan Analytics.

Cah Maliome dan kebanyakan dari kita tentu saja tidak asing dengan namanya Google Analytics yang merupakan materi di hari ke-2 ini. Tapi selama ini yang dilihat hanya page views dan visitors. Yawis cuma itu aja. Dan dengan training ini, ternyata bisa membuat kita sedikit pusing karena banyaknya fitur yang bisa digunakan untuk membantu optimasi, dan meraih goal dari website kita.

Ini sangat enak enak dan cukup complicated ternyata. Jadi kita ceritain sedikit dan seingetnya ya 🙂

Google Adwords

Pembukaan Training oleh PriaMalas

Pembukaan Training oleh PriaMalas

Google Adwords bisa kita manfaatkan untuk melakukan kampanye iklan dengan biaya efektif, dan hasil maksimal. Yang paling banyak digunakan adalah Search Network di halaman pencarian, atau Google Display Network yang sering disebut GDN yang sering kita lihat di website-website itu.

Ternyata untuk mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian, bukan selalu bid tertinggi yang memenangkan itu. Tetapi ada faktor lain yang dihitung oleh algoritma Google. Kita sebagai pembuat kampanye, bisa mengoptimalkan hal tersebut dengan membuat landing page (LP) yang sesuai dengan iklan, dan dibuat semenarik mungkin agar bounce rate (rasio pentalan) di LP tidak tinggi. Tetapi untuk bounce rate ini, juga tergantung dari jenis kampanye yang kita lakukan. Ada kalanya baik, ada kalanya kurang baik.

Mas David, Mas Kadi, Mas Holand, Koh Afit

Mas David, Mas Kadi, Mas Holand, Koh Afit

Selain itu, ada langkah lanjutan untuk follow-up customer potensial yang belum menjadi konversi pada kunjungan pertama. Istilahnya disebut remarketing. Contohnya, dikau sedang butuh tiket hotel, kemudian browse di salah satu situs booking. Pas udah mau bayar, ragu-ragu dan akhirnya close halaman. Ketika dikau browsing lagi di situs-situs lain misalnya untuk baca berita, akan ada iklan tentang kebutuhan hotel dikau tadi. Jadi gitu tho!

Google Analytics

Materi di Google Analytics, ternyata gak kalah kompleks dibanding Adwords. Analytics bisa digunakan untuk melakukan tracking terhadap kampanye Adwords jika kita sudah melakukan linking antar Adwords dan Analaytics.

Kalau selama Analytics hanya digunakan untuk melihat jumlah pengunjung, page views, bounce rate, dan data standar lain, training kemarin membuka mata kita bahwa Analytics bisa digunakan untuk banyak hal yang lebih kompleks. Tujuan utamanya, adalah mencapai GOAL atau tujuan. Goals disini, bukan hanya angka traffic yang melonjak, tetapi faktor-faktor lain sesuai dengan tujuan kita membangun sebuah website. Duh, mumet bero!

Suasana Training

Suasana Training

Gini, dari Analytics kita bisa mengetahui jumlah pengunjung baru, jumlah pengunjung loyal, sampai jumlah pengunjung beserta keterangan waktu dia berada di situs (time on site) kita secara detail. Dari data-data yang kita dapatkan di Analytics, bisa dilakukan evaluasi untuk memperbaiki tujuan yang belum tercapai. Misalnya nih, pengunjung website kita 100.000 sebulan terakhir. Rata-rata time on site nya 40 detik. 85 % dari total pengunjung itu, hanya mampir di website kita selama kurang dari 10 detik. 5 % lainnya dibawah 20 detik, dan lain-lain. Dari situ, bisa kita evaluasi kenapa pengunjung hanya mampir saja. Mungkin page speed yang sangat lambat, mungkin konten yang kurang sesuai dengan hasil pencarian, mungkin iklannya clickable sehingga yang masuk langsung klik iklan (duh enak), dll.

Selanjutnya, kita bisa melakukan upaya perbaikan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Misalnya dari kasus diatas, kita ingin meningkatkan time on site. Berarti perlu pengecekan apakah loading web kita sudah benar-benar oye, memudahkan navigasi konten-konten yang relevan, dan lain-lain.

Jadi, kurang lebih begitulah cerita Google Adwords dan Google Analytics kemarin. Jangan lupa ya, 7 Maret nanti NGONOO ada acara #CSS2015. Yang sudah dapat tiket wajib datang loh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *