Ada Lanjutan A Game of Thrones di Aplikasi Listeno, Simak Bocorannya!

Ada Lanjutan A Game of Thrones di Aplikasi Listeno, Simak Bocorannya!

Dunia online sekarang ini memang sudah masuk ke hampir semua bidang. Cari jodoh sampai dukun juga sudah merambah dunia online loh. Dan, dengan penuh semangat serta optimisme, keluarga Maliome Hackerspace juga meng-online-kan sesuatu yang mungkin sangat jarang dipikirkan orang.

LAUNCHING LISTENO – Sebuah aplikasi dengerin buku pertama di Indonesia.

Tanggal 11 September 2015, menjadi sejarah baru bagi Koh Afit Husni dan tim Listeno. Di tanggal itu juga, terjadi sebuah peristiwa besar di Amrik sono. Kata Afit Husni yang merupakan Co-Founder & CEO Listeno, pemilihan tanggal 11 September bukan untuk merayakan kesusahan yang terjadi pada persitiwa 11 September 2001 silam loh. Aplikasi dengerin buku suara ‘Listeno’, merupakan yang pertama di Indonesia. Menurut Co-Founder sekaligus CTO Listeno Irwan Kartadipura, ide untuk membuat aplikasi ini muncul karena keprihatinan terhadap generasi muda saat ini yang sudah mulai meninggalkan membaca buku.

Acara Launching Listeno

Acara Launching Listeno

Jadi, hadirnya Listeno bukan untuk menggantikan baca buku?

Tidak. Listeno bukan untuk menggantikan kebiasaan baik membaca buku. Melainkan hadir sebagai pilihan bagi kalian yang merasa super sibuk sampai tidak memiliki waktu untuk membaca. Jadi, dimanapun dan kapanpun kalian membawa smartphone, bisa sambil mendengarkan buku melalui aplikasi Listeno.

Tantangan menggarap aplikasi Listeno

Afit Husni CEO Listeno

Afit Husni CEO Listeno

Listeno sendiri sudah digagas sejak awal 2014. Butuh waktu sekitar 1,5 tahun untuk melepaskan aplikasi ini ke khalayak. Tentu saja, proses penggarapannya memang tidak mudah. Apalagi, ini adalah aplikasi mendengarkan buku suara pertama di Indonesia. Di satu sisi tidak ada kompetitor secara langsung untuk market Indonesia, dan disisi lain Listeno harus memberikan first impression yang WOW untuk para user.

Tim Listeno

Tim Listeno

Selain fokus mengembangkan aplikasi, sang CEO Afit Husni juga berusaha menjalin kerja sama dengan banyak penerbit buku, penulis, komunitas buku, serta banyak menghadiri berbagai event untuk mendapat brand awareness. Karena konten yang ada di Listeno merupakan suara, jelas urusan siapa yang membaca, bagaimana teknik membaca, dan menghasilkan kualitas suara yang baik menjadi pekerjaan penting. Untuk itu, Listeno juga memiliki content manager berpengalaman 25 tahun di dunia radio yaitu Jeci Gracietta dengan tugas mengatur dan mengontrol kualitas konten yang ada di Listeno.  Saat ini, tim di Listeno berjumlah 20 orang. Selain CEO & CTO nya, tim lainnya terdiri dari Android developer,  web developer, desainer, content writer, music director, dan narator profesional sebanyak 14 orang.

Feedback Untuk Listeno Setelah Launching

Setelah launching, terdapat peningkatan jumlah download yang cukup signifikan. Saat ini, download aplikasi Listeno menuju ke angka 5.000. Listeno juga diliput beberapa media nasional seperti Teknojurnal, Infokomputer, Liputan6.com, brilio, bahkan muncul di Tonight Show .NET TV menjadi aplikasi yang layak dicoba.


Karena beberapa aktivitas yang cukup tinggi, aplikasi Listeno sempat sulit diakses. Tetapi Afit Husni mengatakan sudah melakukan perbaikan dan peningkatan kapasitas server demi kenyamanan para pengguna. Belajar dari pengalaman adanya serangan DDOS, Listeno juga memperbaiki sistem security yang lebih baik. Banyak juga pengguna yang mengirim feedback agar koleksi buku-buku Listeno ditambah. Respon positif itu langsung ditanggapi Afit Husni yang terus menjajaki kerjasama dengan penerbit-penerbit lain dan juga tetap menjaga hubungan dengan penerbit yang sudah bekerja sama saat ini.

What Next Listeno?

Begitu seriusnya aplikasi ini dikembangkan, bocorannya target Afit Husni akan mempersembahkan minimal 100 buku di bulan Oktober ini, dengan salah satu buku yang sangat populer yaitu kelanjutan dari buku A Game of Thrones dengan judul A Clash of Kings. Keduanya merupakan bagian dari serial novel fantasi populer Song of Ice and Fire. Listeno bekerja sama dengan Fantastico Publishing untuk menghadirkan A Clash of Kings di aplikasi Listeno. Sekitar tanggal 25-27 Oktober nanti, pre order buku A Clash of Kings akan dimulai, dan bagi para pembeli buku tersebut bakal bisa menikmati audiobook nya di Listeno secara gratis.

Agus Mulyadi dan Irwan Karta

Agus Mulyadi dan Irwan Karta

Bukan hanya itu, salah satu blogger paling femes yang dulu memeriahkan acara CSS 2015 dari NGONOO, juga akan turut ikut enak-enak di Listeno. Dia adalah Gus Mul aka Agus Mulyadi yang sudah tersohor akan kejombloannya itu. Gus Mul sedang menulis sebuah buku, yang nantinya juga akan muncul di Listeno. Buku itu akan dibacakan secara langsung oleh Gus Mul. Rencananya, 13 Oktober nanti akan diadakan launching buku Agus Mulyadi yang berlangsung di Maliome Hackerspace Yogyakarta. Yeaaaa!!

Kamu belum punya aplikasi Listeno? Buruan download di dengerin.listeno.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *